Kamis, 23 Mei 2013

Pemrograman Internet dan e-Commerce

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Pemrograman Internet dan e-commerce sebagai tugas matakuliah yang saya dapat.
E-commerce adalah bentuk transaksi perdagangan barang atau jasa dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik yang disebutkan berupa jaringan internet, dengan jaringan internet tersebut membuat seorang dapat menjalankan sebuah proses perdagangan jarak jauh. E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).

Secara umum e-commerce dapat diklasifasikan menjadi dua jenis yaitu :
  • Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis saja, sedangkan 
  • Business to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line yaitu transaksi antara pelaku bisnis dengan cutomer online
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim e-commerce adalah dengan menggunakan e-commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.




Manfaat E-Commerce:

  • Bagi organisasi pemilik e-commerce
    1. Memperluas market place hingga kepasar nasional dan internasional. 
    2. Perusahaaan dapat dengan mudah menemukan lebih banyak pelanggan, supplier yang lebih baik dan partner bisnis yang paling cocok dari seluruh dunia. 
    3. E-commerce menurunkan biaya pembuatan, pemrosesan, pendistribusian, penyimpanan, dan pencarian informasi yang menggunakan kertas. 

  • Bagi konsumen
    1. E-commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi. 
    2. E-commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan, mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor. 
    3. E-commerce menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat. 
    4. Pelanggan bisa menerima informasi yang relevan secara detil dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.
Hubungan Pemrograman Internet dengan e-commerce adalah dengan Pemrograman Internet seperti bahasa php kita bisa membuat sebuah situs yang menarik serta dengan tingkat keamanan yang tinggi untuk menjalankan e-commerce agar tidak terjadi kemungkinan masalah yang terjadi seperti penipuan dan sebagainya.

Sekian saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa berguna..
Wasalam..

Tidak ada komentar :

Posting Komentar